Kamis, 05 Maret 2009

Dikjar koordinasi pendidikan non formal

Dikjar koordinasi pendidikan non formalPALU -Koordinasi program pendidikan non formal dan sosialisasi dana dekonsetrasi (Kosdekon)_tingkat provinsi Sulteng tahun 2005 yang dilaksanakan Dikjar Sulteng di Auditorim Dikjar Sulteng dihadiri semua kepala dinas kabupaten dan kota bersama Kepala dinas kasubdin di jajaran Dinas pendidikan se-Sulteng selasa (7/6).
Wakadis Dikjar Prov Sulteng Drs H Alpin Dg Makuling pada Kosdekon mengatakan pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian manusia, yang dilaksanakan di dalam dan luar sekolah yang berlangsung seumur hidup, dimana berarti pendidikan mempunyai peranan penting dalam mencerdaskan dan meningkatkan kwalitas hidup manusia, serta pentingnya pendidikan akan membawa bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa - bangsa lain, dengan meletakkan kata - kata mencerdaskan kehidupan bangsa, ungkapnya dalam sambutan tertulis Kadis Dikjar Sulteng yang di bacakan Alpian Dg Makuling.
Menurut Alpian Dg Makuling pelaksanaan Kosdekon untuk menunjang seluruh pelaksanaan program - program pendidikan non formal yang mempuyai tantangan bagi pendidikan non formal antara lain luasnya wilayah dan penyebaran penduduk tidak merata serta terbatasnya anggaran yang tersedia, ungkapnya di ruang kerjanya.
Drs H Alpin Dg makuling MSi menjelaskan perkembangan dan perubahan masyarakat disebabkan oleh banyak faktor , salah satunya yang paling berpengaruh dan paling dominan adalah faktor pendidikan yang merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, pemerintah dan masyarakat, tandasnya.
Alpin beranggapan, dengan adanya pola - pola pendekatan yang berpatokan pada paradigma dalam program pendidikan non formal, hanya bersifat standar dan berorientasi akademis dimana masyarakat hanya sebagai objek pembangunan sehingga harus bergeser kearah yang lebih dinamis dengan menempatkan masyarakat sebagai subyek pembangunan pendidikan.
Alpin Dg Makuling berharap dukungan dana dari berbagai pihak khususnya dukungan dana dari pemerintah diantaranya yang termuat dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk tahun 2005 yang akan dilaksanakan. (Cr 4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar